Cara menemukan ide untuk Artikel

Sunday, January 08, 2012

           Sering kesulitan cari ide dan bahan artikel untuk update blog? Ya w juga sering mengalami hal seperti itu. Namun sekali berkecimpung di dunia blog kita mesti berani tanggung jawab dong. Masa blog kita nganggur nggak pernah diupdate.

          Banyak pakar bilang bahwa blog yang sehat mesti sering di update contennya. Minimal 1 artikel per minggu. Idealnya sih update nya tiap hari. Tapi kebanyakan bloger susah melaksanakannya, betul kan?
Ada 8 cara mudah menemukan ide menulis artikel buat update blog, dan w kira juga bisa berlaku secara umum bagi yang suka nulis nggak cuman buat blogger.


  1. Baca artikel milik orang lain. Ada jutaan artikel di internet yang bisa dijadikan inspirasi dan ide bagi kita untuk menulis artikel. Tapi ingat jangan menjiplak karena kawan akan mendapat gelar plagiator. Jika mengutip jangan lupa sumbernya dicantumkan juga. Cara ini paling sering w gunakan karena sangat mudah bagi w.                                     
  2. Baca koran tiap hari. Seperti kita ketahui koran sebenarnya tidak ubahnya sebagai tempat kumpulan artikel. Kelebihannya setiap hari artikel koran selalu ter-update. Jadi kawan tidak akan kekurangan ide fresh buat menulis kan? Cukup pilih topik yang menarik bagi kawan, kemudian mulai tuliskan artikel kawan tentang topik tersebut tentunya dari sudut pandang kawan sendiri.
  3. Dari majalah. Kawan bisa mencari banyak sekali ide dari majalah-majalah. Tidak peduli itu majalah anak-anak, majalah ekonomi, otomotif, olahraga, IT dan lain-lain. Justru kita diuntungkan, karena artikel di majalah biasanya memuat artikel yang sangat menarik buat banyak orang atau kelompok hobi tertentu. Kawan tinggal pilih topik mana yang sesuai dengan tema blog kawan.
  4. Dari baca buku. Kawan tentu setuju buku adalah gudang dari ilmu. Rajinlah membaca buku tentang apa saja yang menarik bagi kawan. Kalau kawan tidak punya banyak koleksi buku, perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk mendapatkannya. Jika buku adalah gudang ilmu maka perpustakaan adalah gudang dari gudangnya ilmu he…he…he…
  5. Dari pengalaman. Tulislah pengalaman kawan pribadi atau teman yang sekiranya menarik. Bisa pengalaman lucu, sedih, menegangkan atau papun.
  6. Cari ide dari radio atau TV. Cara ini juga cukup efektif memicu mood untuk menulis.
  7. Jangan sungkan-sungkan langganan Newsletter dari situs favorit kawan. Kalau bisa, langganan dari beberapa layanan yang berbeda sesuai dengan topik yang kawan senangi. Dengan demikian kawan akan selalu memiliki artikel dengan berbagai topik yang selalu fress. Pelajari bagimana cara mereka menulis artikel pada newsltter tersebut, pelajari kenapa sampai kawan bisa di buat selalu nyaman membacaya. Kemudian terapkan pada artikel kawan.
  8. Jika pada blog anda punya fasilitas “coment”, jangan malas membacanya terkadang kawan juga bisa menemukan inspirasi untuk menulis artikel dari sini.

    Nah, sekian dulu ya mata w sudah terasa pedas beradu pandang dengan monitor.

            Yang jelas sekarang kawan sudah tahu ternyata mencari ide dan inspirasi menulis cukup mudah kan. Lingkungan sekitar kita adalah sumber dari ide-ide tersebut. Sekarang yang perlu di perhatikan adalah menjaga agar tetap mood menulis. Segeralah menulis jika sudah menemukan ispirasi atau ide, jangan tunggu nanti apalagi besok. Makanya kalau bisa notebook atau alat tulis selalu anda bawa kemanapun anda pergi. Karena ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja jangan sampai anda kehilangan momentum untuk menulis akibat penundaan tersebut, w sudah sering mengalaminya. Have a nice day ^^

    You Might Also Like

    1 komentar

    1. Gan, trima kasih banyak. cuma blog ini yang gak copas. ternyata cari ide artikel itu mudah. setelah berkunjung ke blog agan, ane jadi tahu.

      ReplyDelete

    INSTAGRAM PAGE

    TWITTER PAGE

    YOUTUBE PAGE

    Subscribe